nama-q-ista-bukan-rista
Sea & Beach

Nama Q Ista Bukan Rista

 

Hallo semuanya, mungkin di saat anda membaca buku ini pasti saya jamin 100% anda tidak mengenal saya..hahaha,,ya iyalah aku kan bukan seleb atau penyanyi terkenal sekelas Agnes Monica ,,penyanyi favorit ku. Untuk itu bolehkan aku memperkenalkan diri ku terlebih dahulu? Karena kata orang, tak kenal maka tak sayang. Untuk itu lah saya ingin memperkenalkan siapa kah aku (dengan gaya sok misterius). Nama panjang aku ristalia, ristalia doank??singkat amat namanyaa..hehe. ya mungkin anda pasti akan bertanya seperti itu kan? Gak apa apa ,, karena yang bertanya seperti itu bukan Cuma anda saja, tapi semua orang yang menanyakan nama ku pasti akan menunggu kelanjutan dari nama ku itu. Sampai akau harus bener bener tampak meyakinkan kalau memang nama lengkap ku itu ristalia doank, masa perlu aku tambahkan dengan kata doank sih supaya rada panjang..hehe,yap itu lah nama lengkap ku , sangan singkat bukan? Tapi itulah uniknya nama ku (narsis hehe). Anda mau tahu alasan yang selaluaku berikan ke orang orang yang selalu menanyakan kenapa sih nama ku itu sependek itu. Alhasil ayahku pun ikut terbawa bawa. Alasannya adalah….
“iyaa tuh ayahku ngasih aku nama ristalia aja, karena dia pengennya pas aku isi formulir ujian yang pemeriksaannya pake komputer gak lama pas ngisi bulet buletan kolom nama, jadi lebih singkat waktunya”,,alasan yang aneh kan?sampai sekarang pun aku kadang gak bisa nerima alasan itu. Tapi dari pada aku gak punya alasan , ya udah Cuma itu lah alasan yang aku bawa kemana mana..hehe..
Well, karena nama lengkapku ristalia, alhasil aku sering dipanggil rista sama banyak orang. Padahal nama panggilanku itu ista bukan rista. Sampai sampai aku harus berdebat dengan banyak orang hanya untuk sekedar membuat mereka itu memanggil aku ista bukan rista. Keberatanku itu bukannya gak punya alasan, tapi dibalik itu aku punya alasan yang sangat kuat untuk itu semua. Apa itu ??hehe,penasaran gak??kalo penasaran aku lanjut nii..mau tahu aja atau mau tahu banget??
nama-q-ista-bukan-rista
Inilah alasannya,, sebenernya alasannya simple sih. Saya lebih suka mempertahankan nama panggilanku ista bukan rista karena nama ista itu ada makna yang paling sesuai dengan karakter ku.  Ista itu jika anda search di google terjemahan dari philipino (Filipina kalo bahasa gaulnya) ke indonesia artinya “ikan”.
Mengapa aku sangat suka dengan arti nama “ikan”. Bukannya itu sangat aneh bagi sebagian orang kalau tetap senang jika mengetahui arti namanya itu ikan. Owhh lain hal nya sama aku kawand, kenapa aku sangat suka dengan arti nama itu, karena itu sangat sejalan dengan nilai nilai filosofi kehidupanku (busyett udah kayak nyimak penjelasan Pancasila aja,heheh).
Ya udah daripada ngalur ngidul, aku ungkapkan kenapa aku sangat suka dengan arti nama “ikan”. Anda semua tentu tahu ikan kan?(ya elah kenapa langsung lari ke masalah perikanan,,tapi ya udah lah , emang kudu dibahas penting ni). Ikan itu ada yang hidup di laut dan ada juga yang hidup di kolam/sungai yang biasa dinamakan ikan air tawar. Tapi aku lebih senang menginterpretasikan nama aku itu sebagai ikan di laut. Kenapa ?ya mungkin karena itulah yang paling pas dengan realita hidup yang aku alami sekarang kali ya?
Coba anda amati ikan yang hidup di laut? Hidupnya sangat bebas bukan?berenang kesana kemari tanpa dibatasi oleh sekat pembatas. Karena mereka berenang bebas di alam samudra. Lautan yang membentang luas merupakan tempat yang bisa membuat ikan laut bisa bertahan hidup. Tapi coba anda pindahkan ikan tersebut ke suatu wadah yang sempit?tinggal tunggu waktu pasti ikan itu langsung ceox kan??hehe.
Fenomena hidup yang terjadi pada ikan laut itulah yang sangat bisa menggambarkan sosok aku. Ista bukan rista. Sosok cewek yang sangat suka dengan kebebasan (tapi bebas yang bertanggung jwab ya,,heheh). Cewek yang sangat suka hidup di alam bebas, melakukan petualangan menaklukan alam, dan sangat mencintai alam terutama pantai dan laut (hehehe,,udah kayak ikan laut beneran ya). Aku tidak suka dengan sekat yang akan membatasi ruang gerak dan kreativitas ku. Aku lebih suka diberikan kebebasan untuk menemukan arti hidup dengan jalan ku sendiri. Inilah yang membuat aku sering bertentangan pola pikir dengan orang tuaku. Mereka menginginkan aku menjadi sosok yang sepeti kebanyakan cewek. Melakukan aktivitas selayaknya cewek. Jangan membuat sesuatu di luar kewajaran aktivitas seorang cewek. Alhasil aku tidak pernah cocok dengan apa yang disarankan oleh orang tuaku. Sampai pada saat nya aku menemukan jawaban atas keegoisan ku tidak mendengarkan nasihat ortu itu (tapii nanti ya kisah nya,, gak sekarang..heheh,ni kan baru sesi pengenalan).
Nah, anda sudah tahu kan kenapa aku sangat suka dan bangga sekali dipanggil ista bukan rista. Karena nama ista itu bagaikan telah menyatu dengan jiwa dan karakter ku kawand. Tapi itu hanya sedikit alasan saja siih kenapa aku sangat menjiwai arti nama ku itu. Seiring dengan aku beranjak dewasa, aku bisa membaca hikmah hidup ku dari arti nama ku itu (tapii eittss bentar dulu, itu akan aku ceritakan di episode episode hidup ku selanjutnya )..to be continued…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *