Malaysia,  Wisata Luar Negeri

Sehari Wisata di Penang Kemana Saja?

Saat itu, tepatnya tanggal 14 Januari 2018 yaitu hari ke 5 saya di Malaysia, saya memutuskan untuk nekat wisata di Penang walaupun hanya solo travelling. Didorong oleh rasa penasaran, mulailah saya mengatur trip saya malam harinya. Dari mulai booking tiket bus dan hotel di Penang. Semuanya saya siapkan secara mendadak. Berhubung saya sudah kehabisan cash ringgit, maka saya memutuskan untuk membeli menggunakan kartu kredit.

Saya browsing browsing cara untuk membeli tiket bus via online dan ketemulah situs web easybook. Tampilannya bisa dilihat di bawah :

easybook

Untuk harganya sendiri itu bisa dipilih currency dalam dollar atau ringgit. Dan paling penting bisa bayar pakai kartu kredit dan paypal.

harga tiket bus ke penang

Untuk easybook ini sindiri bisa diunduh di smartphone anda apps nya. Dan lanjut cerita setelah mendapatkan harga yang cocok dengan budget, saya langung pesan pulang pergi. Saya memang cuma berencana untuk wisata di penang 1 hari saja. Setelah itu lanjut booking hotel di Traveloka dan milih hotel di kawasan George Town supaya bisa dekat kemana mana.

Surprisingly saya dapat kamar hotel yang murah yakni cuma RM 20 an ringgit semalam. karena memang saya milih kamarnya dorm. Saya pesannya di Red Inn Cabana. Dengan harga segitu saya sudah dapat free breakfast. Lumayan kan?

Kamar dorm di Red Inn Cabana
Kamar dorm di Red Inn Cabana

Nah, sebelumnya saya sudah joint di group facebook Digital Nomad Penang dan post disitu ngajak sesama traveller yang kebetulan lagi wisata di Penang untuk meet up dan jalan bareng. Setelah beberapa hari dan tepat H-1 perjalanan saya ke Penang ada yang DM untuk ajak ketemuan pas saya sudah di Penang nanti. Jadinya gak sendiri sendiri amat kan.

Semua yang harus disiapkan sudah ready. Dan karena saya mengambil jadwal bus paling pagi karena ingin tiba di Penang siang, maka saya sudah siap siap dari jam 6 pagi. Jadwal bus saya itu jam 7.30. Dari apartement tempat saya tinggal, saya pesan grab untuk menuju terminal bus TBS. Dan setelah mencetak tiket, saya menuju ke ruang tunggu. Setelah menunggu beberapa menit, ada pengumuman kalau bus saya jadwalnya di cancel dan disuruh tuker ke jadwal berikutnya. Karena jadwal paling pagi adanya jam 8.30, terpaksalah saya ambil jadwal itu.

Dari hasil browsing browsing di blog blog orang saya dapat info kalau perjalanan ke Penang dari Kuala Lumpur itu memakan waktu 5 jam perjalanan saja. Tapi ternyata itu tidak berlaku jika anda naik bus. Karena bus itu akan menurunkan penumpang di setiap kota yang dilalui. Dan alhasil saya tiba jam 3.30 alias 8 jam di Penang. OMG. Saya sarankan jika berlibur bersama keluarga mending sewa mobil di Kuala Lumpur saja karena jika travelling menggunakan mobil itu cuma habis waktu 5 jam di perjalanan.

Tiba di terminal Penang, rencana mau ambil kendaraan umum biar irit. Tapi ternyata rute ke hotel saya itu belum datang datang juga. Daripada habis waktu di terminal, saya langsung pesan grab. Dari terminal ke hotel Red Inn Cabana di George Town itu saya habis RM 20.

Tiba di hotel, check in kemudian cuci muka dan bersih bersih dikit. Langsung saya whatsapp teman saya yang sudah dari 30 menit lalu menunggu saya. Berhubung Busnya delay jadi kami tidak bisa eksplore banyak dan cuma jalan santai aja di sekitaran George Town. Apalagi kalau bukan hunting kuliner dan berfoto di Penang Street.

Oya, by the way teman saya ini orang Netherland. Pas ketemu dia bawa sepeda dan katanya dia dari Chiangmai, Thailand ke Penang itu cuma pakai sepeda. Salutlah. hahaha. Nah, kita cari makan dululah tuh karena kan saya belum makan siang ya. Masuk ke Resto China karena lihat ada mie khas Penang disitu. Tapi saat masuk pelayannya samperin saya dan bilang kalau makanannya gak halal. Jadi, saya bilang sama teman saya untuk ganti restaurant.

Teman saya rada bingung sih, karena kan saya Muslim ya dan dia gak tahu kalau sampai se strick itu. Tapi untungnya dia pengertian sih. Nah, setelah jalan melewati beberapa restaurant dari situ ketemulah sama rumah makan India. Sebelum masuk, teman saya ini nanya dulu apa restaurant ini tidak masalah buat kamu? saya bilang aman.

Di situ saya pesan roti chapati dan teh tarik. Entah kenapa setelah beberapah hari tinggal di Malay, saya jadi suka makanan india dan teh tarik. Teman saya pesan menu umum yaitu nasi goreng, hehehe. Mungkin gak doyan makanan india kali ya.

Yummmyyy

Sehabis mengisi perut yang keroncongan mulailah kami mencari cari dimana lokasi para instagrammer yang suka foto foto di Penang Street. Saya pikir lokasinya terpusat di satu tempat, nyatanya tiap foto yang kalian lihat di internet itu terpisah pisah di beberapa gang di Penang Street. Dan untuk foto di situ antriannya minta ampun. Jadi, gak mood untuk berfoto lagi.

Wisata di Penang
Penang Street 1
Penang Street 2 dofotoin kepotong anak kecilnya sama mas bule
Penang Street 3 Anterin bang
Penang Street 4
Penang Street 5 Kuat Kuatan sama abangnya
Memory
Penang Street 6 diboncengin bocah

Puas foto foto, teman saya ini ngajakin untuk ngopi ngopi. Berhubung saya bukan penikmat kopi saya temenin aja dan cuma asyik berfoto di cafenya. Kita banyak cerita tentang kerjaannya yang remote, jadi dia bisa tetap kerja sambil travelling. Jadi, bikin ngiler pengen gitu juga oneday.

Baca juga : Hunting Foto di Bugis Street, Arab Street,dan Kawasan Little India – Part 3

Cafe di Penang
Salah satu Cafe di Penang

Pukul 8 malam, saya balik ke hotel karena capek banget. Teman saya ini pengen ajakin untuk massage sih, tapi udah malas. Rasanya pengen cepat cepat ketemu kasur untuk rebahan. Maklum, estafet saat tiba langsung jalan itu benar benar melelahkan. Jadi, saya sarankan bagi kalian yang ingin berwisata di Penang dan gak mau kayak saya yang repot dan letih mending book paket tour aja di Kuala Lumpur. Nah, kebetulan tour lokal Naumantour.com itu menyediakan paket murah wisata di penang. Bisa cek linknya di sini : http://www.naumantour.com/paket-wisata-malaysia/. Respon dan pelayanannya juga oke.

Nah, itu saja ulasan tentang sehari wisata di Penang versi saya. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang merencanakan trip ke Penang dalam waktu dekat. Sebenarnya masih banyak sih destinasi lain yang belum saya kunjungi di trip kali ini seperti Penang Hill dan ke pantainya. Ini menandakan kalau saya harus balik lagi ke Penang oneday.

Selamat berlibur 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *